Pages

Friday, November 1, 2013

Daihatsu Gran Max, Mobil Andalan untuk Bisnis dan Keluarga


(sumber: www.daihatsu.co.id)
Suatu sore HP saya bergetar. Rupanya ada SMS masuk. Dari si adik bungsu, di Temanggung.

“Mbak, insyaAllah aku mau buka usaha konveksi. Udah dapet penjahitnya. Doain berkah ya.”

Tentu saja saya langsung meng-amin-kan dalam hati.

“Aamiin. Ta’doain semua lancar. InsyaAllah jadi pengusaha sukses,” ketik saya membalas SMS-nya.


Adik saya seorang ‘stay-at-home-mom’ yang tidak betah hanya berdiam diri di rumah. Awalnya dia mencoba-coba berdagang pakaian, dari baju bayi hingga dewasa. Tapi ternyata keterusan dan ketagihan.

Tapi lama-lama dia ingin mandiri. Menjahit pakaian sendiri sekaligus memasarkannya. Ingin membuka usaha konveksi sendiri. "Sekalian membuka lapangan kerja," katanya.


Usaha konveksi rumahan
(sumber: http://konveksi.web.id)


Awalnya dia hanya kulakan barang dagangan di Magelang atau kadang di Semarang, sekalian ‘pulang kampung.’ Selama ini, jika akan kulakan ke Magelang atau Semarang, Tia meminjam mobil mertua. Sekalian jalan-jalan, dengan mengajak kedua anaknya turut serta.

Tak jarang barang kulakannya begitu banyak, sampai-sampai kerepotan mengangkutnya. Mobil terasa penuh dan sumpek.

Rupanya dia tak enak hati jika terus-terusan menumpang atau meminjam mobil sang mertua. Selain itu, enak juga rasanya jika kulakan, antar barang ke customer atau mengirimkan via agen paket, memakai mobil sendiri yang nyaman. Bukan mobil pinjaman. Maka, memiliki mobil sendiri masuk menjadi agenda berikutnya.

“Enaknya mobil apa ya Mbak?” Suatu ketika dia SMS lagi.

Saya mulai tanya kanan-kiri dan browsing untuk cari tahu. Tadinya sih Tia menginginkan mobil yang mungil saja.

“Biar lincah dan gampang parkirnya,” begitu alasannya. “Lagian kan keluargaku cuma berempat doang mbak. Ummi-abi-dan anak dua orang,” katanya lagi.

“Lho, tapi bukannya kamu niat beli mobil untuk mendukung bisnis? Kriterianya gak cukup hanya mungil dan biar praktis doang dong,” aku mengingatkan.

“Oh iya ya. Kalo bisa yang lega juga, biar bisa nampung banyak dagangan dan anak-anakku nyaman gak kesempitan.” Nah kan, dia baru nyadar kalau pas kulakan, belanjaannya menuh-menuhin bagasi sampai-sampai mengambil jatah seat anak-anaknya.:D

Saya menanyakan lagi kepada Tia, kira-kira dia butuh kondisi yang bagaimana dengan mobilnya. Dan inilah jawaban spontan Tia tentang mobil idamannya:
  1. Lega dan bisa muat banyak, baik orang maupun barang
  2. Kalo bisa yang lincah dan kuat, soalnya rumah di pegunungan yang banyak belokan dan tanjakan
  3. Murah (hehe, teteup)
  4. Hemat BBM
Okeee. Kriteria sudah jelas. Sekarang tinggal pilah-pilih mobilnya. Mana yang masuk kriteria. Mau pilih yang MPV biasa, sepertinya kurang lega. Mau yang pick-up, tapi nanti muat orangnya cuma sedikit. Kan kasihan kalau anak-anak diangkut di bak belakang? :D

Nah dari hasil ngobrol-ngobrol, tanya-tanya, dan cari-cari, ternyata mobil Daihatsu Gran Max Mini Bus (MB) cocok sekali dengan kriteria yang dibutuhkan dan diinginkan Tia untuk mobil bisnisnya.

Saya coba cocokkan kriteria mobil bisnis idaman Tia tadi.

1. “Lega dan bisa muat banyak, baik orang maupun barang” 

Daihatsu Gran Max MB memiliki kabin yang luas dan kapasitas penumpangnya lebih besar daripada mobil jenis MPV biasa. Dari spesifikasi teknis yang ada di web www.daihatsu.co.id, Daihatsu Gran Max MB bisa mengangkut hingga 9 orang penumpang dewasa. Bisa memilih model face-to-face, atau front facing. Ruang kargo/bagasinya yang besar dan lapang, memungkinkan untuk mengangkut barang lebih banyak tanpa penumpang merasa sesak. Ohya, kursi di belakang bisa dilipat jika kita ingin menaruh barang lebih banyak.



Daihatsu Gran Max MB, lega dan muat banyak
(sumber: www.daihatsu.co.id)

So Tia bisa nyaman kulakan alias belanja, antar-antar paket dan aktivitas bisnis lainnya sambil mengajak anak-anaknya. Kalau anak-anaknya tak rewel, pasti menjalankan bisnisnya bisa lebih tenang. Jadi Daihatsu Gran Max MB bisa menjadi mobil bisnis sekaligus mobil keluarga. Ya, karena tujuan berbisnis ujung-ujungnya untuk keluarga juga bukan?

2. “Kalo bisa yang lincah dan kuat, soalnya rumah di pegunungan yang banyak belokan dan tanjakan.”

Mesin Daihatsu Gran Max MB memiliki kapasitas mesin 1300 cc dan 1500 cc. Nah, Tia bisa memilih Gran Max MB 1500 cc yang powernya lebih kuat. Bodinya yang kokoh juga mantap saat dibawa berkendara menempuh perjalanan ke luar kota. Apalagi jalur menuju Semarang yang berkelok-kelok cukup tajam dengan kontur yang naik-turun. Belum lagi jika berpapasan dengan kendaraan besar macam bus atau truk gandeng yang kerap memadati jalur menuju Semarang. Dijamin mantap berkendara dengan Daihatsu Gran Max MB. Daihatsu Gran Max MB, mobil berdesain MPV dengan mesin SUV.


Tangguh di jalan
(sumber: www.mobilku.org)
3. “Murah”

Harga Daihatsu Gran Max MB ini bersahabat dan tidak menguras kantong. Dari katalog www.daihatsu.com, harganya dimulai dari 125 juta-an saja lho. Nah ini cocok sekali untuk pengusaha pemula seperti Tia, yang modalnya belum terlalu besar. Kalaupun dibeli secara kredit, uang muka dan cicilannya terasa lebih ringan. Sisa uangnya bisa dipakai untuk tambah-tambah modal dagangan. Sip...

4. “Hemat BBM”
 
Konsumsi bahan bakar Daihatsu Gran Max MB irit.. 1:10 sampai dengan 1:13 (www.mobilku.org). Cukup hemat BBM bukan? Jika bisa menghemat BBM tentu biaya operasional akan hemat pula, sehingga keuntungan bisnis bisa lebih besar

Selain itu, ternyata ada lagi kelebihan Daihatsu Gran Max. Nah yang ini bonus keuntungan nih untuk Tia. Apa saja kah itu? Ini dia:

Daihatsu Gran Max lebih tahan banjir daripada mobil sekelasnya. Menurut review di www.mobilku.org, Daihatsu Gran Max tahan banjir karena posisi air intake berada di atas. Mobil ini aman-aman saja melewati banjir setinggi sekitar setengah meter. Hmm, tak perlu takut banjir lagi deh.

Aman menerjang banjir
(sumber: www.daihatsu.co.id)

Pintu sliding pada kedua sisi mobil Daihatsu Gran Max memudahkan untuk menaikkan/menurunkan barang/muatan. Karung-karung belanjaan pakaian dan paket-paket yang harus diangkut ke pos atau jasa titipan pun bisa dimuat / dibogkar dengan lebih mudah dan tak terlalu menghabiskan tenaga yang besar.

Waaah, setelah tahu semua keunggulannya, Tia semakin mantap untuk memiliki mobil sendiri. Mobil apalagi kalau bukan Daihatsu Gran Max Mini Bus. Daihatsu Gran Max, mobil andalan untuk bisnis dan keluarga.

***

Referensi : 

  • http://www.daihatsu.co.id/products/highlight/gran-max-mb
  • http://www.daihatsu.co.id/products/specification/gran-max-mb
  • http://www.daihatsu.co.id/products/variant/gran-max-mb
  • http://www.mobilku.org/2012/01/kelebihan-dan-kekurangan-gran-max-mb.html
  • http://www.mobilku.org/2013/02/perbandingan-konsumsi-bahan-bakar-mobil.html


16 comments:

  1. wah..bannermu bisa dipasang.bannerku kok muncul iklan ya mb?dapet banner yg benernya dimana to mb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mbak.. saya juga gak bisa copy script utk bannernya. sampe sempet bela2in tulis ulang di word, trus dicopy..tapi gak bisa muncul juga bannernya. akhirnya tadi saya pake cara 'manual'. insert picture pake link url ke web lombanya.. tp gak tau juga, bener apa salah yg kayak gitu itu>
      btw makasih udah berkunjung ya mbak :)

      Delete
    2. makasih ya lusi :-) blog ane jadi masuk sini deh, yg nulis cantik trus baik lag :-) trims banyak

      Delete
    3. Lah, kok Lusi sih, hihi. Iya makasih juga ya mas. Webnya keren.. makanya jadi referensi nih :)

      Delete
  2. smoga sukses mak....umurku sudah expired untuk ikutan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, makasih doanya mak Ida :) Lagi belajar nulis dan maksain diri rajin posting nih..hehe.
      Makasih ya, udah berkunjung. Ayooo ikutan event yang lain masih banyak kayaknya :D

      Delete
  3. Grand Max memang lega dan oke...tapi pasarnya mulai tergerus oleh daihatsu ayla,,sang mobil murah....
    selamat berlomba..semoga menjadi yg terbaik,
    btw-aku lagi bikin lomba GA, dicari 32 orang blogger yang suka nulis dan corat coret untuk jadi pemenang dan mendapat hadiah guft menarik dari Makassar, Toraja dan Martapura Kalimantan Selatan…salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah test drive belom nih..? hihi..
      makasih ya, dah berkunjung. okeee.. aq ke te-ka-pe ya.. :)

      Delete
  4. Wah....artikelnya informatif..thanks...ya..lagi mau cari referensi mogil gran max nih ..buat angku angkut barang sekalian buat main dg keluarga..makasih ya Mbak...

    ReplyDelete
  5. BAGUS .. LG CARI REPERENSI GRANDMAX.. MAKASIH INFONYA BU

    ReplyDelete
  6. FBS IndonesiaBroker Terbaik – Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama FBS,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : FBSID007

    ReplyDelete